Wednesday, October 15, 2014

Ciri Lapak Jualan Online Tersebut Asli

Ciri Lapak Jualan Online Tersebut Asli

Bagaimana cara mengenalinya! Gampang-gampang susah sih, karena para penipu online saat ini sangat pintar dengan meniru tehnik yang dilakukan penjual asli. Promosi di bbm broadcast, pasang iklan sampai menggunakan sms blasting yang membuat calon konsumen yang kurang waspada dan tergiur oleh harga murah dari barang-barang yang diposting oleh para penipu tersebut.

Agar selalu bebas penipuan online, ada baiknya kita menyimak beberapa informasi mengenali lapak jualan online tersebut asli atau palsu. Berikut informasinya :
  • Biasanya, para penjual asli memiliki toko online, facebook page atau iklan di beberapa marketplace yang dimanage dengan baik. Hal itu bisa terlihat dari aktifitasnya yang selalu update dan testimoni dari pembeli yang pernah melakukan transaksi dengannya.
  • Coba cari tahu track record penjual tersebut, biasanya jika mereka asli atau penipu banyak datanya disearch engine Google.
  • Ajak COD jika satu wilayah dengan anda, kalau penipu biasanya tidak akan mau diajak COD.
  • Bandingkan harga dari produk yang sedang anda cari, jika tidak wajar atau jauh lebih murah ada indikasi penjual tersebut adalah penipu
  • Minta Resi pengiriman, penjual biasanya akan mengirimkan no resi pengiriman yang bisa kita check apakah produk yang kita pesan sudah masuk dalam proses pengiriman perusahaan ekspedisi.
  • Gunakan sistem pembayaran Rekber, kalau dia benar penjual personal barang seken seperti hp dan lain-lain di kaskusbiasanya menerima Rekber sebagai media pembayarannya.

Aktifitas para penipu ini juga sangat mempengaruhi para penjual yang mendapatkan imbas kurang baik. Pembeli akan banyak bertanya karena takut tertipu, jumlah order yang berkurang atau hal-hal negatif lain yang mampu meresahkan pebisnis online.

No comments:

Post a Comment