Tuesday, December 10, 2013

Angka Jual Mobil Baru Catat Rekor

Angka Jual Mobil Baru Catat Rekor – Belum sampai setahun penjualan mobil nasional telah mencatat rekor baru penjualan mobil. Dengan mengacu pada data wholesale sementara ini, yang berasal dari salah satu agen tunggal pemegang merk ( ATPM ) anggota Gaikindo, untuk periode Januari-November 2013 tercatat ada 1.131.857 unit, dengan demikian jumlah ini telah melampaui total penjualan mobil tahun lalu yang hanya 1.116.224 unit, padahal masih tersisa satu bulan lagi yaitu bulan Desember.

Berdasarkan data penjualan mobil menunjukkan jika pada bulan November lalu, pasar sedikit mengalami kelesuan jika dibandingkan dengan bulan – bulan sebelumnya, tercatat ada 111.468 unit mobil dari 112.038 unit mobil ( pada builan Oktober 2013 ) . Akan tetapi hal ini sesuai dengan prediksi ketua Gaikindo , Johny Darmawan. "November ini total pasar tetap di atas 100.000 unit, tapi Desember yang masih belum bisa diprediksi. Bisa lebih kecil tergantung masing-masing merek," jelasnya.

Ada sedikit spekulasi dari berbagai pihak bahwa pada bulan Desember , angka jual mobil baru bakal mengalami penurunan sehingga hanya mencapai 900 unit mobil saja. Sehingga target sejumlah pebisnis mobil adalah 1,2 juta unit sudah berada di depan mata. Berdasarkan data penjualan yang tersedia, dari ketujuh merk mobil teratas , mayoritas mengalami lonjakan angka jual mobil baru, sedang sisanya harus menelan kekecewaan.

Untuk sementara ini Toyota masihg memimpin penjualan mobil nasional, sebanyak 399,414 unit mobil, naik 8 persen dari periode yang sama pada tahun lalu yang hanya 370. 987 unit mobil. Peringkat kedua diduduki oleh Daihatsu dengan 171, 195 unit mobil , naik sekitar 14 perse n dari tahun lalu. Disusul oelh mitsubishi , suzuki dan Honda.

Sedangkan angka jual mobi baru Nissan justru turun 10 persen dari periode sama tahun sebelumnya, demikian juga dengan Isuzu yang turun 7 persen dan Mazda mengalamai penurunan hingga 8 persen. Angka Jual Mobil Baru Toyota dan Daihatsu yang mengalami kenaikan tidak terlepas dari pamor duet maut Agya dan Ayla, yang telah menyita perhatian masyarakat Indonesia dengan harga murah dan dikalim sebagai mobil irit yang ramah lingkungan.

No comments:

Post a Comment