Tuesday, July 23, 2013

5 Tips Jitu Jual Mobil Bekas

5 Tips Jitu Jual Mobil Bekas – Dorongan kebutuhan akan mobilisasi pribadi dan keluarga untuk perjalanan yang nyaman dan aman membuat banyak orang lebih memilih menggunakan mobil daripada motor. Akan tetapi bagaimana caranya untuk menjual kembali jika mobil sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan?

Menjual mobil bukan hanya sekedar menempel tulisan “Di Jual “ atau mengiklankan di berbagai media jual beli mobil lalu selesai, akan tetapi ada beberapa tahap yang harus anda jalankan terlebih dahulu jika ingin mempertahankann harga Jual yang bagus pada mobil tersebut. Hal ini berkenaan juga dengan stigma negatif yang beredar dimasyarakat mengenai penjualan mobil bekas akibat kebanjiran, yang tentunya jadi momok menakutkan buat para pembeli yang tidak ingin tertipu dan jadi tantangan tersendiri buat penjual untuk menghindarkan persepsi negatif tersebut.


Berikut ini 5 Tips Jitu Jual Mobil Bekas yang dirangkum dari berbagai artikel otomotif:

1. Periksa Kondisi Mobil
Sebelum mulai memasang iklan, sebaiknya periksa kondisi mobil terlebih dahulu agar tidak mengecewakan calon pembeli, lakukan beberapa pengecekan dan perawatan rutin seperti ganti oli, tune up, dan bila perlu ganti spare part yang sudah selayaknya diganti. Selain itu juga periksa fungsi elektrical seperti lampu dekat lampu jauh, lampu sein, lampu kabin, power window, central lock, radio tape serta AC. Lakukan pengecekan ini secara berulang untuk memastikan semua berfungsi dengan baik

2. Perhatikan Exterior dan Interior
Perhatian calon pembeli mobil bekas pertamakali biasanya akan tertuju pada penampilan ekterior dan interior mobil, oleh karena itu pastikan bahwa bagian ekterior dan interior mobil berada dalam keadaan bersih, hal ini bisa anda lakukan sendiri atau bisa juga dibawa ke salon mobil, Di sini mobil tidak hanya dibersihkan tetapi juga dilakukan pemolesan (untuk goresan ringan pada permukaan cat) dan wax untuk melindungi cat sekaligus membuatnya tampak mengkilap. Dengan penampilan mobil yang menarik, maka secara tidak langsung akan berdampak pada harga tawar mobil bekas yang cenderung tinggi.

3. Singkronkan Dengan Harga pasar
Kumpulkan informasi mengenai harga jual mobil bekas di pasaran, sesuai dengan tipe mobil anda. Informasi tersebut bisa Anda peroleh melalui berbagai sumber seperti dealer mobil bekas, koran, media iklan online seperti Otopedia.com dan lain-lain.

Setelah itu tentukan kisaran harga jual mobil bekas berdasarkan pertimbangan dari berbagai faktor seperti kondisi mobil, jarak tempuh (kilometer), warna body, kondisi body-sasis, roda-roda, electrical system, power steering, performa mesin, dan sebagainya. Faktor lainnya yang sangat penting adalah riwayat perawatan kendaraan Anda, serta asuransi yang masih Anda miliki. Jika Anda selalu merawat mobil Anda di bengkel resmi dengan servis record yang lengkap, tentu harga jual mobil bekas bisa lebih tinggi. Hal tersebut bisa menunjang laporan kondisi mesin mobil hendak di jual, dengan begitu kepercayaan calon pembeli akan semakin tinggi pada mobil Anda.

Jadikan kisaran harga mobil tertinggi yang telah Anda tentukan sebagai harga pembuka (sebelum ditawar) dan bertahanlah pada kisaran harga terendah tersebut sebagai harga mati. Kecuali jika anda menjual mobil untuk memperoleh dana secara cepat.

4. Tekhnik Menjual
Jika semua persiapan telah selesai maka segera tentukan tekhnik penjualannya seperti apa, apakah secara online ataukah offline, ataukah dua – duanya. Jika ingin mengiklankan secara offline misalnya di surat khabar biasanya akan dipungut biaya yang tidak sedikit, namun jika mengiklankan secara Online ada Salah satu media online terpercaya nasional yang menyediakan tempat beriklan mobil bekas secara Gratis yakni otopedia.com

5. Serah Terima Mobil
Setelah terjadi kesepakatan dengan calon pembeli mengenai Harga Jual Mobil Bekas anda, maka transaksi pembayaran sebaiknya dilakukan melaui transfer melalui bank. Mengapa demikian, memang apa salahnya jika membayar secara tunai? hal ini ditujukan semata-mata untuk meminimalisir terjadinya hal – hal yang tidak diiginkan seperti penerimaan uang palsu. Setelah itu buatlah berita acara serah terima bahwa mobil telah anda jual secara sah. Jadi jika terjadi sesuatu hal pada mobil anda yang mengakibatkan kerugian pada orang lain, anda tidak akan dicari-cari oleh pihak berwajib karena data yang ada masih menggunakan nama dan alamat Anda.

No comments:

Post a Comment