Sunday, March 24, 2013

Cara Praktis Hemat BBM

Dengan mobilitas yang semakin hari semakin tinggi, kendaraan menjadi satu fasilitas yang kini sangat dibutuhkan untuk melancarkan setiap pekerjaan dan kegiatan sehari-hari. Maka efek tambahannya adalah pemborosan terhadap bahan bakar kendaraan kita, atau bahkan mungkin kendaraan seperti mobil atau motor jadi harus sering-sering dicek ke bengkel mobil atau motor.


Nah, maka dari itu, berikut ini mari kita simak bagaimana cara praktis menghemat BBM, Melakukan pemanasan mesin adalah hal yang sangat penting sebelum kita memulai berkendara dengan kendaraan kita. Karena menjalankan mobil tanpa memanaskan mesinnya sama sekali sama saja dengan memboroskan pasokan bahan bakar sebab pembakaran yang terjadi belum ideal. Sebaliknya, jika memanaskan terlalu lama juga berarti membuang BBM dengan sia-sia. Hal ini juga bukan hal yang berat untuk dilakukan, karena saat ini mobil-mobil modern hanya membutuhkan 30 detik hingga 1 menit saja sebelum dibawa berkendara.

Selain itu, dalam berkendara kita juga harus memperhatikan putaran mesin. Karena kita semua tahu bahwa putaran mesin yang terlalu tinggi akan memboroskan BBM. Tapi tahukah anda bahwa putaran mesin yang terlalu rendah juga akan berakibat demikian. Jadi paling ideal, saat berjalan normal selalu tempatkan putaran mesin antara 2000 hingga 3500 rpm. Di sinilah terdapat panduan konsumsi BBM dan juga tenaga optimal yang akan membantu kita melakukan penghematan BBM.

No comments:

Post a Comment