Wednesday, December 5, 2012

Tips Memilih Kitchen Sink

Kitchen sink atau bak cuci piring merupakan salah satu piranti dapur yang memiliki peran penting. Pada umumnya terdapat tiga jenis kitchen sink dimana masing - masing jenis kitchen sink ini memiliki kelebihan masing-masing. Oleh karena itu anda harus memilih sesuai dengan kebutuhan.

Dalam memilih kitchen sink, sebaiknya anda perhatikan ukuran dan kedalaman dari bowl kitchen sink. Pada Umumnya kitchen sink yang dijual dipasaran mempunyai kedalaman antara 20 cm sampai 30 cm. Apabila anda hendak menggunakannya untuk mencuci perabotan dapur dengan ukuran besar, sebaiknya kitchen sink yang dipilih adalah kitchen sink yang memiliki kedalaman 30 cm.


Pada umumnya kitchen sink mempunyai ukuran panjang mulai dari 40 cm, akan tetapi pada kebutuhan khusus , bisa dibuat kitchen sink dengan panjang sekitar 1 meter. Dalam menentukan ukuran kitchen sink ini, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran dapur. Bila ukuran dapurnya kecil, maka sebaiknya menggunakan single bowl kitchen sink ( kitchen sink dengan bak tunggal) , yang berukuran 30 cm x 40 cm. Semakin panjang ukuran kitchen sink, maka semakin banyak area yang dibutuhkan.

Di pasaran dijual beberapa jenis Kitchen Sink. Mulai dari yang menggunakan bak tunggal (Single Bowl Kitchen Sink), hingga yg menggunakan tiga bak (triple Bowl Kitchen Sink ).

1. Bak tunggal (Single Bowl Kitchen Sink)
Kitchen sink dengan bak tunggal sangat cocok bila diletakkan pada dapur yang berukuran kurang luas misal di apartemen. Selain itu, bak tunggal (Single Bowl Kitchen Sink) lebih mudah dibersihkan. 

2. Bak ganda (double Bowl Kitchen Sink )
Kitchen sink dengan bak ganda (double Bowl Kitchen Sink ) memungkinkan anda melakukan pekerjaan yang multitasking . Anda dapat mencuci piring didalam satu bak, sambil mencuci buah-buahan atau sayuran di bak lain. apabila anda ingin menggunakan bak ganda di dapur yang areanya terbatas, di pasaran telah tersedia berbagai ukuran. Anda bisa memilih bak ganda dengan ukuran berbeda, bak satu ukurannya lebih kecil dari bak lainnya. Namun, sebaiknya anda jangan menggunakan bak ganda, apabila anda tidak terlalu membutuhkannya.

3. Bak triple (triple Bowl Kitchen Sink )
Kitchen sink dengan tiga bak sangat cocok untuk dapur yang berukuran lebih luas. Biasanya terdiri dari dua bak besar, untuk mencuci peralatan memasak dan piranti dapur lainnya. triple Bowl Kitchen Sink dilengkapi juga dengan sebuah bak dengan ukuran yang lebih kecil yang berfungsi untuk mencuci atau mengolah bahan makanan.

No comments:

Post a Comment