Friday, October 5, 2012

Tips Aman Mengemudi Saat Hujan

Tips Aman Mengemudi Saat Hujan - Setelah melewati musim kemarau yang cukup panjang di tahun 2012 ini, akhirnya hujan mengguyur di beberapa wilayah di Indonesia termasuk JaBoDeTaBek. Akan tetapi dengan datangnya musim hujan ini perlu kewaspadaan penuh saat mengemudikan kendaraan, banyak sekali kasus kecelakaan yang diakibatkan tergelincirnya kendaraan saat melewati jalanan yang basah oleh genangan air.

Simak Tips Aman Mengemudikan Kendaraan saat hujan berikut ini:
1. Cek Ban Mobil Dengan Teratur ; Selalu cek kondisi ban mobil anda sebelum dikemudikan, seperti tekanan angin pada ban, tekanan angin yang pas akan membantu performa ban dalam hal handling kendaraan. Selain itu cek juga kedalaman tapak ban, Tapak ban gundul sangat beresiko mengakibatkan mobil slip saat melintasi jalanan yang licin. Biasanya ban pada roda bagian depan akan lebih cepat gundul oleh karena itu perlu dilakukan balancing untuk merotasi ban mobil, balancing sebaiknya diserahkan pada bengkel mobil khusus spooring dan balancing untuk hasil yang presisi.

2. Hindari Mengebut; Hindari mengebut saat hujan turun karena jalanan yang licin mengakibatkan daya cengkeram rem berkurang 

3. Bagaimana keluar dari slip ; Tergelincir bisa terjadi pada semua pengemudi kendaraan. jika anda mengalami kejadian ini, ingatlah untuk tidak menginjak rem secara mendadak. Jangan injak rem berulang-ulang bila mobil anda dilengkapi sistem anti-lock braking system (ABS). tapi, injaklah rem dengan hati-hati dan beri tekanan yang tepat agar stir dan rem dapat menyesuaikan dengan keadaan saat tergelincir

4. Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda ; Pada saat hujan, akibat jalanan yang basah pengereman akan menjadi tiga kali lebih lama dibandingkan saat jalanan kering. Perhatikan jarak aman dengan kendaraan didepan anda, Jagalah jarak setidaknya dua mobil di depan anda sehingga terdapat jarak yang cukup.

5. Ikuti jalur kendaraan di depan anda; Hujan bisa mengakibatkan jarak pandang berkurang, lebih baik anda mengurangi kecepatan dengan mengurangi tekanan pada pedal gas dan ikuti jalur kendaraan di depan anda hal ini lebih aman.

6. Cara aman mengatasi aquaplaning / banjir/ genangan air ; Aquaplanning bisa terjadi pada saat anda menerjang genangan air yang berada di depan anda, namun tekanan air tersebut ternyata cukup kuat hingga mengakibatkan mobil anda terseret aliran air hingga keluar jalur, hal ini sangat berbahaya oleh karena itu perlu penanganan tepat. Bila anda terjebak dalam aquaplaning, Kurangi takanan gas anda hingga mobil melambat dan anda dapat merasakan mobil anda menyentuh tanah kembali. Bila anda perlu menginjak rem, lakukan perlahan dengan gerakan memompa. Bila mobil anda memiliki ABS, rem-lah seperti biasa.

No comments:

Post a Comment