Tuesday, October 9, 2012

Ganti Ban Jangan Abaikan Load Index

Ganti Ban Jangan Abaikan Load IndexPerkara mengganti ban mobil bisa dibilang urusan yang gampang – gampang susah. Dibilang gampang jika kebetulan ban yang dibutuhkan tersedia di pasaran. Namun perkara menjadi rumit manakala anda tidak bisa menemukan ban standar atau paling tidak ban yang serupa dengan ban standar mobil anda, sehingga anda perlu mengubahnya denngan tipe atau merk ban lain yang tersedia.

Belum lagi jika anda juga memutuskan untuk mengganti velg standar bahkan melakukan upgrade ukurannya. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memutuskan sebuah ban pengganti antara lain adalah faktor teknis, kualitas dan harga.




1.       Faktor Teknis
Hal paling utama yang harus diperhatikan pada saat mengganti ban adalah kesesuaian load index ban pengganti dengan ban standar, load index ban pengganti tidak boleh lebih kecil dari ban standar, karena load index merupakan patokan kemampuan ban dalam memikul beban kendaraan dan penumpangnya.

Perhatikan pula mengenai jenis telapak ban karena hal ini mempengaruhi kebisingan dan daya cengkeram rem mobil. Perhatikan juga konstruksi dinding ban yang berpengaruh pada pengendalian mobil. Pastikan ukuran lebar ban serasi dengan ukuran velg karena selain terlihat tidak serasi akibat undersize atau oversize akan menurunkan nilai keselamatan dalam berkendara. 

2.       Kualitas Dan Harga
Faktor lain yang jadi pertimbangan memilih ban, yaitu kualitas dan harga ban yang tersedia dipasaran. Di pasar ban antara kualitas dan harga terkait sangat erat. Beberapa merk ban terkemuka menawarkan ban – ban unggulan dengan harga mahal, namun dengan jaminan kualitas produk yang bisa dibuktikan kehandalannya dan dipilih oleh manufaktur mobil sebagai ban standar produk mereka. Sebut saja Bridgestone Turanza dan Potenza, Continental SportContact, Goodyear Eagle, Michelin Pilot Sport.

Selain itu juga konsumen diberikan pilihan dengan adanya ban produksi lokal yang menawarkan ban dengan harga yang cukup terjangkau dengan kualitas cukup baik, seperti ban Achilles, GT Radial, Accelera hingga ban import Asia seperti Toyo, Hankook dan Federal Tyre.

Saat ini Bridgestone produsen ban berkualitas bekerja sama dengan Bengkel Mobil Nawilis tengah mengadakan promo besar – besaran dimana dari harga normal Rp. 937.000 didiskon menjadi Rp. 525.000. Tentu ini kesempatan yang sangat baik, selain memperoleh ban dengan harga murah dengan kualitas baik dari merk terkenal, anda juga mempunyai kesempatan untuk memperoleh keuntungan lain seperti Free Nitrogen, Free Balancing, Free Pentil dan Free Bongkar pasang. Obral Ban Bridgestone ini berlaku selama persediaan masih ada jadi sangat sayang bila dilewatkan.

No comments:

Post a Comment