Tips Atasi Gangguan Pada Kecepatan Tinggi

Tips Atasi Gangguan Pada Kecepatan Tinggi - Saat melaju di kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan, dan tiba-tiba terjadi gangguan , secara refleks reaksi yang dilakukan adalah menginjak rem secara mendadak. Namun hal tersebut beresiko bila kita tidak bisa mengendalikan laju mobil, karena bisa saja melintir dan terguling. Hal tersebut bisa diantisipasi jika kita tahu cara mengatasi gangguan yang terjadi di kecepatan tinggi.

Bila terjadi kesalahan dalam melakukan awalan di kecepatan tinggi, maka kecelakaan akan sulit untuk dihindari. Terutama jika pengalaman mengemudi masih minim. Sehingga gerakan refleks yang benar sulit untuk didapat.

Kesalahan yang banyak dilakukan adalah dalam memutar lingkar kemudi, akibat kesalahan memegang lingkar kemudi itu sendiri. Ditambah tekhnik pengereman yang salah . Selain itu, faktor tekhnis kendaraan juga bisa jadi penyebab kecelakaan, seperti kondisi ban yang sudah tidak layak pakai, sehingga pecah saat melaju di kecepatan tinggi atau mesin yang tiba-tiba rusak.

Untuk dapat mengendalikan dengan benar dan selamat saat terjadi gangguan, kita dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:
1. Lakukan pemegangan lingkar kemudi dengan benar : pada posisi jarum 9 untuk tangan kiri dan jam 3 untuk tangan kanan. Saat terjadi putaran mendadak pada setir , tangan kanana jangan sampai beradu atau berdempetan antara keduanya.
2. Jika terjadi pecah ban, kendalikan kemudi dengan memutarnya kearah berlawanan dari perubahan arah mobil dengan cepat dan terkontrol. Jangan langsung menginjak rem karena justru mobil bisa tak terkendali.
3. Jika jalan licin akibat hujan yang dapat mengakibatkan mobil selip. Kendalikan lingkar kemudi dan jangan melakukan pengereman.
4. lakukan pengereman secara perlahan dan halus, jangan melakukan pengereman mendadak, lakukan pengendalian kemudi, dan setelah memperoleh control pada mobil anda, baru lakukan pengereman.
5. Periksa kondisi kendaraan anda agar layak untuk digunakan di kecepatan tinggi. Lakukan perawatan mobil secara rutin ke bengkel mobil terpercaya agar kondisi mobil selalu berada dalam kondisi prima.

Dengan mengetahui cara mengantisipasi gangguan-gangguan yang terjadi dengan benar, hal tersebut akan banyak membantu anda dalam menjaga keselamatan. Dengan mengikuti kursus atau latihan – latihan mengemudi aman ( safety driving ) amda dapat melakukan latihan- latihan untuk mengantisipasi hal tersebut diatasi.

Comments