Thursday, September 13, 2012

Mengapa Balancing Penting

Mengapa Balancing Penting? - Istilah Balancing mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda, bahkan ada BENGKEL MOBIL yang memiliki specialisasi dalam bidang tersebut, tapi tahukah anda apa manfaat sesungguhnya dari balancing ini? Dan mengapa hal tersebut terdengar begitu penting?

Berikut ini adalah fungsi dari balancing bagi mobil anda:

Menghilangkan Getaran Pada Sistem Kemudi
Dengan menyeimbangkan bobot pada satu sisi dengan sisi yang lain (balanced), maka ban dan velg akan mempunyai gaya sentrifugal yang merata saat berputar. Hal ini akan membuat roda mobil berputar secara stabil tanpa adanya getaran.

Suspensi Mobil Menjadi Lebih Awet
Kerja Suspensi menjadi lebih ringan jika tidak dibebani oleh roda yang bergetar. Berkurangnya getaran-getaran yang berasal dari roda akan membuat komponen suspensi  mobil menjadi lebih awet.

Meningkatkan Kestabilan Dan Kenyamanan Dalam Berkendara
Dengan tidak adanya gangguan berupa getaran-getaran roda, berkendara akan menjadi terasa lebih nyaman baik dalam kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi. Keselamatan berkendara pun akan lebih terjamin jika kendaraan stabil.

Mengontrol Kondisi Ban, Velg  Dan Baut-Baut
Kecacatan serta ausnya komponen roda dapat diketahui lebih dini jika balancing dilakukan secara rutin dan keawetan roda pun akan tertunjang dengan adanya pengontrolan ini secara rutin ini.

Seberapa sering mobil harus di Balancing?
Sebaiknya ikuti buku petunjuk yang direkomendasikan dari pabrik mobil Anda. Tetapi, pada umumnya periksalah mobil setiap 10.000 km atau setidaknya setiap 6 bulan sekali. 


Dari informasi diatas jelas terlihat mengapa balancing penting bagi kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.


 

 

No comments:

Post a Comment