Thursday, September 13, 2012

Istilah Kemudi dan Suspensi

Istilah Dalam Sistem Kemudi Dan Suspensi  - Para pemilik mobil sebaiknya membekali diri dengan berbagai informasi otomotif agar bisa memberikan perawatan yang terbaik pada mobil, walaupun perawatan pada mobil bisa anda serahkan pada BENGKEL MOBIL namun tidak ada salahnya andapun mengetahui beberapa istilah dalam sistem kemudi dan suspensi.

Beberapa Istilah Dalam Sistem Kemudi Dan Suspensi tersebut antara lain adalah:

Suspensi adalah suatu sistem yang berfungsi meredam kejutan, getaran yang terjadi pada kendaraan akibat permukaan jalan yang tidak rata. Suspensi dapat meningkatkan kenyamanan berkendara dan mengendalikan kendaraan

Shockabsorber adalah komponen untuk merdam getaran saat mobil berjalan. Sistem mekanikanya menganut oli, gas dan udara . Ditilik dari susunannya , suspensi dapat berupa per daun ( susunan bilah baja ), per keong, ataupun multi link ( untuk meningkatkan unsur kenyamanan )

Tie Rod  Berfungsi sebagai penarik roda kanan- kiri saat mobil berbelok . Cara kerjanya , saat mobil belok ke kanan , maka tie rod sebelah kiri akan menarik roda kiri ke dalam, begitu sebaliknya. Kecuali terkena benturan keras, tie rod termasuk komponen yang tidak mudah rusak hanya dibutuhkan penyetelan yang tepat dalam perawatannya.

Ball Joint  Boleh diibaratkan sebagai engsel pada roda depan atau sendi bagi sistem kemudi .  Bagian ini bisa mengalami kerusakan , dan biasanya lebih sering terjadi bila mobil sudah dimodifikasi  ( menggunakan velg besar atau ban besar ) atau mobil kerap melintasi jalan kasar.

No comments:

Post a Comment