Wednesday, September 26, 2012

Fungsi Dasar Ban Mobil

Fungsi Dasar Ban Mobil - Ban merupakan salah satu peranti vital pada kendaraan agar layak untuk digunakan di jalanan. Seperti hal nya pada mobil, ban memiliki beberapa fungsi dasar yaitu sebagi penopang beban kendaraan, penyerap guncangan jalan, penerus traksi dan gaya pengereman, serta untuk merubah dan mengarahkan laju kendaraan.

Ban Mobil
Berangkat dari empat fungsi dasar sebuah ban mobil tadi, hal terpenting yang wajib dipahami oleh setiap pemakai atau pemilik mobil, adalah mengetahui tekanan angin ban secara ideal. Sebab dengan begitu keselamatan dan kenyamanan berkendara akan lebih terjamin, serta dapat membuat umur pemakaian ban lebih panjang.

Jika tekanan angin berlebih menjadikan kontak tapak ban dengan permukaan jalan menjadi tidak rata, sebab hanya bagian tengah dari telapak bannya saja yang menapak permukaan jalan. Kondisi ini akan menyebabkan permukaan ban bagian tengah lebih cepat mengalami keausan dan akan membuat umur ban menjadi pendek, tidak stabil pada kecepatan tinggi. Jalan basah maupun menikung. Ban juga tidak aman digunakan karena mudah pecah jika terjadi tumbukan dengan benda keras atau lubang jalan.

Sedangkan tekanan angin yang kurang akan membuat kontak tapak ban dengan permukaan jalan yang tidak merata pada kedua sisi ( luar- dalam) telapak ban. Kondisi inilah yang menyebabkan permukaan ban di sisi luar dan dalam lebih cepat aus , selain itu tidak stabil jika dipakai pada kecepatan tinggi maupun saat menikung . Dampak negative lainnya juga akan memicu efek aquaplaning lebih besar, ketika mobil menerjang genangan air pada kecepatan tinggi , dan kondisi ini sangat berpotensi memicu kecelakaan.

Berikut ini adalah tips dari BENGKEL MOBIL Nawilis tentang perawatan ban mobil
  • Pastikan untuk memeriksa tekanan angin, minimal sebulan sekali
  • Pastikan tekanan angin ban anda sesuai dengan standard pabrikan yang direkomendasikan untuk kendaraan anda.
  • Pastikan kondisi ban dalam keadaan baik sebelum anda berkendara
  • Perawatan spooring dan balancing secara rutin dan berkala

1 comment:

  1. Situs Jual Beli Mobil Dan Motor Gratis
    Ini dia tempat jual beli mobil dan motor gratis selamanya,banyak penjual dan calon pembelinya sudah pasti mobil/motor Anda cepat laku,dan bagi pembeli sudah pasti mendapat kepuasan,cek aja websitenya!.Situs Jual Beli Mobil Dan Motor Gratis

    ReplyDelete