Wednesday, September 12, 2012

Flushing AC Mobil

Flushing AC Mobil – AC mobil tidak dingin merupakan permasalahan yang sangat mengganggu kenyamanan, terutama bila anda tinggal di kota besar seperti Jakarta. 70 % masalah yang terjadi pada sistem AC disebabkan oleh kekuarangan Freon dan oli kompresor yang perlu untuk diganti. Seringkali banyak diantara kita mengabaikan untuk service AC secara rutin ke BENGKEL MOBIL, padahal dengan perawatan yang baik dan benar kenyamanan akan bertambah karena suhu AC yang dingin, juga bisa menghemat bahan bakar dan mengurangi pencemaran lingkungan.


Tahukah anda bagaimana kinerja sistem AC di mobil anda? Berikut adalah komponen-komponen penting dalam suatu sistem AC:

Flushing AC Mobil
Kompresor merubah gas Freon dari tekanan rendah menjadi tekanan tinggi dan di dalam  kompresor tidak boleh ada unsur air. Freon yang seharusnya digunakan adalah R134a karena aman untuk lingkungan dan menggunakan oli sintetik. Freon jenis R12 bisa merusak sistem AC karena menggunakan oli mineral dan merusak ozon. Apabila AC mobil dengan sistem R134a terkontaminasi dengan freon R12, R22 atau HC (Hydro Carbon) akan mengakibatkan korosi dan kerusakan pada kompresor, kondensor dan evaporator. Dryer berguna untuk mencegah air masuk ke kompresor dan memiliki filter untuk menyaring kotoran. Dryer sebaiknya diganti setiap 2 tahun.

Layaknya oli mesin yang perlu diganti secara rutin, oli kompresor pun perlu diganti setiap 20.000km. Seiring berjalannya waktu, oli kompresor akan kehilangan daya pelumasnya dan berubah menjadi zat asam yang dapat mengakibatkan kerusakan dan menimbulkan panas pada kompresor. Dengan mengganti oli kompresor secara rutin, kompresor akan bertahan lebih lama. 

BENGKEL MOBIL NAWILIS kini memiliki teknologi canggih mesin KoolTec yang dapat  mengganti oli kompresor tanpa harus membongkar seluruh sistem AC. Mesin ini juga dapat melakukan pengecekan suhu AC dan jenis Freon yang terdapat di saluran sistem AC mobil anda. Kekurangan atau kelebihan oli kompresor akan menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen sistem AC. Dengan Flushing AC, semua oli kompresor lama akan disedot, lalu diganti dengan oli kompresor baru dengan kadar yang sesuai.

Apakah ada resiko? Bagi mobil tua yang tidak pernah servis AC, kemungkinan besar evaporator sudah berkorosi dan kondisi kompresor yang sudah hampir rusak akan memberikan masalah. Tetapi untuk mobil yang relatif baru, penggantian oli kompresor secara rutin akan memperpanjang umur kompresor itu sendiri.

No comments:

Post a Comment