Tips Memilih Layanan Pengiriman Barang

Tips Memilih Layanan pengiriman barang -  dalam menjalankan bisnis online layanan pengiriman barang sangat dibutuhkan, karena memegang peranan penting dalam mengatur alur distribusi. Kesalahan dalam memilih layanan pengiriman barang akan mengakibatkan alur distribusi tersendat , yang tentunya akan menurunkan kredibilitas perusahaan Anda dimata  pelanggan .

Simak Tips Memilih Layanan Pengiriman Barang berikut ini agar terhindar dari hal- hal yang tidak diinginkan :
1.    Pilih Perusahaan penyedia layanan pengiriman barang yang memiliki jaringan  luas
Semakin  luas jaringan yang dimiliki akan semakin baik karena akan  bisa menjadi indikator  bahwa perusahaan ini mengembangkan jaringannya dengan baik sehingga coverage yang dilayani semakin banyak. Dengan begitu mereka akan semakin murah dalam menentukan tarif pengiriman barang.

2.    Kemudahan Tracking status barang
Sekarang ini penyedia jasa pengiriman barang bersaing ketat untuk memberikan servis terbaik kepada pelanggannya. Salah satunya dengan fitur pengecekan status barang. Beberapa Jasa layanan pengiriman barang  sudah melengkapi servisnya dengan metode online tracking di website masing - masing. Beberapa yang lain masih harus menelpon kantor pengiriman tersebut untuk pengecekan barang. Pilihlah perusahaan Jasa layanan pengiriman barang  yang sudah menggunakan online tracking karena akan sangat menghemat biaya telpon anda.

3.    Mengenali kekuatan dan kelemahan masing- masing jasa layanan pengiriman barang
Setiap jasa pengiriman punya kekuatan dan kelemahan masing masing. Misal kurir A kuat untuk daerah Jawa Barat dan DKI, sedangkan kurir B kuat untuk kearah Jawa Timur. Atau kurir C yang punya line bagus ke Sumatera, dan si D yang jagoan kirim ke Kalimantan. Kenalilah vendor anda satu persatu. Jangan hanya berpatokan pada satu kurir saja. Anda akan menghemat banyak sekali pengeluaran biaya kiriman jika bisa menganalisa indikator ini. Caranya? Mau tidak mau harus compare satu per satu dan melakukan trial pengiriman barang. Baca : Cara Memilih Jasa Pengiriman Barang Untuk Bisnis Online

4.    Kualitas pelayanan pelanggan
Bukan rahasia umum jika anda mengalami kesulitan untuk menghubungi call center perusahaan jasa kiriman. Entah karena nomor sibuk atau tidak diangkat. Cobalah anda pilih yang paling mudah dihubungi dan supportive dalam setiap complain anda. Ukur tingkat tanggung jawab mereka dalam menangani complain supaya anda yakin bahwa anda sudah memilih mitra yang tepat untuk kiriman anda.

5.    Membuat nomor pelanggan
Beberapa perusahaan menggunakan system nomor pelanggan. Fungsi dari registrasi ini adalah mendata anda dan meningkatkan engagement antara anda dan perusahaan kiriman. Benefit dari nomor pelanggan ini tergantung promosi dan kesepakatan anda dengan perusahaan. Bisa berupa discount, fasilitas kredit, dan jasa pick up. Dengan fasilitas ini anda akan melakukan banyak efisiensi.

Comments