Monday, September 24, 2012

Tips Atasi Injector Mobil Kotor

Tips Atasi Injector Fuel Mobil Kotor - Saat ini sistem pengapian mobil sudah dirancang menggunakan injector tidak lagi menggunakan karburator karena dengan injector performa mobil menjadi lebih baik dan emisi gas buangnya jauh lebih baik dibanding dengan menggunakan karburator.

Akan tetapi menggunakan injector juga terdapat kelemahannya, bila terdapat kotoran seperti timbal atau sulfur yang merupakan penyusun bahan bakar pada bensin maka kinerja mesin bisa terganggu. Hal tersebut ditandai bila mesin mobil mulai misfire, kasar, peforma mesin menurun, bahkan tidak bisa distarter. Hal ini terutama terjadi pada mobil yang jarang dipakai.

Karena tingkat kebersihan Injector ini sulit untuk dilihat, maka sangat sedikit pengguna mobil yang sadar untuk melakukan tahap pembersihan ini. Padahal kalau injector sudah tersumbat, maka semprotan BBM, debit serta sebarannya bisa terganggu. Hal ini akan mempengaruhi performa mesin dan juga konsumsi BBM mobil. Suplai BBM ke mesin menjadi tidak sesuai dengan kebutuhan, sehingga mengakibatkan injakan di pedal gas makin dalam, akibatnya suplai BBM menjadi semakin boros.

. "Kalau performa mesin mau terus enak, sebaiknya dilakukan injector cleaner paling tidak setiap 20 ribu kilometer atau 6 bulan sekali," sebut Bambang Setyono, Operational Manager Bengkel Mobil Nawilis, Jln. Radio Dalam Raya, Jaksel. Injector Cleaner biasa disebut juga dengan Carbon Clean.

Injector Cleaner / Carbon Clean berfungsi untuk :
  1. Membersihkan karbon dari ruang bakar secara menyeluruh 
  2. Mengembalikan performa mesin pada kondisi seperti semula (seperti baru) 
  3. Meningkatkan akselerasi mesin
  4. Meningkatkan efisiensi BBM
  5. Menghilangkan ngelitik/knocking
  6. Mengurangi polusi emisi gas buang
  7. Memperpanjang umur mesin
Menurut Bambang Setyono, pembersihan seperti ini terus berkembang dan saat ini produk Fuel Injector Cleaner teranyar yaitu 3M obat kimia terpercaya dari Amerika. "Dengan pakai 3M ini tidak hanya injektor saja yang dibersihkan, tapi juga kerak-kerak yang ada di piston dan klep," terangnya. Paket pembersihan injector ini ditawarkan oleh BENGKEL MOBIL Nawilis seharga Rp 400-500 ribu tergantung pada kapasitas mesin. Beberapa manfaat yang bisa diterima dari proses pembersihan injector ini yakni, performa mesin mobil kembali baik, emisi gas buang menjadi lebih bersih, serta getaran mesin terasa lebih halus.