Thursday, September 13, 2012

Spooring Mobil Apa Manfaatnya

Spooring Mobil apa manfaatnya? Kenyamanan dalam berkendara merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki oleh sebuah kendaraan karena hal ini berhubungan dengan keamanan bagi pengemudi, penumpang , kendaraan itu sendiri serta orang lain. Salah satu faktor yang sangat berperan tersebut adalah sistem kemudi kendaraan.

Spooring Mobil
Spooring Mobil
Mengapa sistem kemudi ini sangat penting? Fungsi dari kemudi adalah untuk mengatur arah laju kendaraan, sehinggga apabila kondisi kemudi tersebut kurang baik akan mengakibatkan ketidaknyamanan bagi sang pengemudi yang membuat cepat lelah yang berdampak pada terjadinya kecelakaan.

Kenyamanan sistem kemudi mobil sangat tergantung pada penyetelan roda –roda, baik roda depan ataupun roda belakang inilah yang dimaksud dengan spooring. Spooring sebaiknya dilakukan di bengkel mobil resmi atau BENGKELMOBIL yang terpercaya dan memiliki specialisasi khusus spooring dan balancing. Hal ini penting sebab penyetelan yang dilakukan secara kurang tepat bisa berakibat fatal.

Tujuan dari spooring adalah untuk menyelaraskan antara roda kanan dan kiri, Kestabilan antara ban pada mobil ini sangat bermanfaat apalagi pada saat mobil sedang melaju pada kecepatan tinggi. Pemakaian kendaran dalam jangka waktu tertentu akan menyebabkan perubahan kondisi dari komponen roda depan, sehingga memerlukan perawatan secara  rutin di bengkel mobil agar kondisi ban dan komponen sistem kemudi lebih tahan lama serta pengendara lebih nyaman. Untuk jangka waktu pemeliharaan spooring adalah sekitar setiap 15000 km atau 4 bulan.

Spooring merupakan pekerjaan penyetelan front wheel alignment (penyetelan roda depan) yang meliputi: chamber, caster, toe angle (toe-in/toe-out), dan turning radius. Fungsi spooring sendiri adalah untuk menjaga stabilitas kendaraan meliputi: kemudi yang ringan, menghasilkan gaya putar kembali setelah belok dan mencegah kendaraan belok sendiri setelah dilepas. Selain itu, apabila perawatan yang rutin akan mengurangi keausan pada komponen-komponen ball-joint dan ban/roda.

No comments:

Post a Comment