Sunday, September 2, 2012

Membeli Mobil Bekas

Membeli Mobil Bekasmemiliki mobil pribadi menjadi keinginan kebanyakan orang, selain  sebagai penunjang aktifitas juga bisa meningkatkan prestise seseorang. Memiliki mobil saat ini tidak hanya terbatas pada orang-orang yang berkantong tebal saja,  bagi yang berkantong  pas-pasan tapi hendak memiliki mobil, solusinya adalah dengan membeli mobil bekas.

Membeli mobil bekas harus dilakukan dengan teliti karena bila salah memilih tidak mustahil mobil tersebut justru membutuhkan biaya yang sangat besar keluar masuk BENGKEL MOBIL untuk perbaikan, tentu hal ini merupakan bencana yang tidak kita harapkan. Bagi anda yang saat ini tengah berencana untuk membeli mobil bekas berikut ini adalah sedikit informasi otomotif mengenai tips membeli mobil bekas.

Tempat Membeli Mobil Bekas -  untuk membeli mobil bekas pastikan bahwa anda membeli  di tempat  yang terpercaya misalnya dealer mobil terpercaya, atau tempat yang direkomendasikan oleh saudara atau orang yang anda percaya. Sebab saat ini pencurian kendaraan sangat marak, jangan sampai anda dituduh sebagai penadah karena tidak tahu bahwa mobil yang anda beli adalah mobil hasil curian.

Harga Mobil Bekas - Membeli mobil bekas / second  merupakan solusi mendapatkan mobil dengan harga terjangkau dan layak untuk dipakai, akan tetapi anda jangan mudah tergiur oleh bujuk rayu harga murah, apalagi bila diluar kewajaran sebab hal ini merupakan indikasi yang layak anda cermati.

Kemampuan Keuangan – Saat anda hendak membeli mobil bekas tentukan jenis kendaraan yang anda butuhkan, dan carilah informasi sebanyak mungkin tentang harga pasaran dari mobil tersebut bisa melalui surat khabar, internet atau dari teman yang anda percaya, Apabila mobil tersebut dibeli secara kredit, minimal DP harus yang harus dibayar adalah 10% dan angsuran cicilan yang harus anda bayar harus sesuai dengan kemampuan, jangan sampai lebih dari 20% dari pendapatan anda.

Kondisi Mobil – periksa kondisi mobil dan cek riwayat perawatannya hal ini bisa dilihat dari buku service kendaraan, jangan terlalu percaya pada kilometer yang terpampang di speedometer sebab saat ini data di speedometer bisa di manipulasi dengan mudah sehingga terlihat nilainya menjadi kecil.

Cek Bodi dan Sasis Mobil -  Seringkali penjual menyembunyikan riwayat dari mobil terutama jika mobil tersebut bekas tabrakan, bodi mulus tidak menjamin bahwa mobil itu bukan bekas tabrakan, untuk mengetahui hal ini anda bisa membuka kap mesin periksa sudut –sudutnya cek apakah terlihat bekas kalau pernah tabrakan, selain itu juga cobalah raba sudut – sudut kendaraan bila terasa permukaan catnya berbeda kemungkinan itu bekas tabrakan, untuk hasil yang lebih presisi anda bisa memeriksakannya ke BENGKEL SPOORING MOBIL NAWILIS,  dibengkel ini memiliki alat pendeteksi sasis yang canggih dengan system komputerisasi.

Cek Kelistrikan Mobil – Periksa dengan teliti apakah lampu kendaraan semuanya menyala dengan baik, AC mobil, tape dan CD apakah bisa berfungsi dengan baik.

Cek kepemilikan Mobil – cek di BPKB mengenai riwayat kepemilikan mobil dan alamat pemilik sebelumnya, bila pemilik sebelumnya berlokasi di dekat laut kemungkinan karatnya cukup besar, cek mengenai keabsahan STNK dan BPKB ke Direksorat Lalu Lintas agar terhindar dari tindak penipuan.

Test Drive – Untuk mengetahui kondisi keseluruhan mobil apakah berfungsi dengan baik cobalah bawa mobil itu melaju di berbagai tipe jalan, sehingga bisa diketahui kondisi rem, gas, lampu utama, lampu sein, central lock, wiper dll kendarai dengan berbagai variasi kecepatan sehingga bisa diketahui apakah disetiap pergantian gigi terasa lembut dan stabil.

Asuransi – sebaiknya anda tanyakan kepada penjualnya apakah mobil tersebut masih ada jaminan asuransinya, bila masih ada jaminannya coba anda cek pakah jenis asuransinya all risk ataukah total lost only , jika belum ada jaminan asuransi sebaiknya anda persiapkan dana tambahan untuk memperoleh jaminan asuransi.

Untuk memperoleh mobil idaman dengan kondisi yang baik dan harga yang terjangkau memang gampang – gampang susah, anda harus cermat , teliti, jika anda kurang yakin dengan kondisi mobil tersebut sebaiknya anda mengajak seorang mekanik berpengalaman yang bisa memberikan masukan – masukan yang anda butuhkan.  Bila anda curiga mobil tersebut bekas tabrakan, terendam banjir atau surat- suranya tidak jelas, lebih baik anda mencari option mobil bekas lain walaupun mobil tersebut di tawarkan dengan harga yang tergolong murah.

No comments:

Post a Comment