Friday, September 14, 2012

Hati - Hati Melintasi Rel Kereta Api

Hati – Hati Melintasi Rel Kereta Api - Kasus kecelakaan dilintasan kereta api meningkat dari tahun ke tahun, dan rata- rata kecelakaan tersebut akibat mogoknya mobil di tengah perlintasan kereta api. Bagaimana kecelakaan tersebut terjadi ? apakah akibat kelalaian pemilik yang tidak mau memberikan perawatan secara rutin ke BENGKEL MOBIL? Atau ada faktor lain yang mempengaruhi?



Sebenarnya mogoknya mobil di tengah perlintasan tidak lain tidak bukan diakibatkan adanya daya magnetic yang terdapat pada rel kereta api, daya tarik magnet timbul karena adanya gesekan antara roda kereta dan rel. Roda kereta api  biasanya berjenis ferritic, baja jenis ini mempunyai medan yang sangat kuat, pemilihan baja jenis ini dimaksudkan agar laju kereta berjalan dengan stabil.

Kendaraan yang rawan mogok, biasanya adalah kendaraan yang berbahan bakar bensin, sedangkan yang menggunakan solar tidak terpengaruh. Karena beberapa kendaraan berbahan bakar bensin masih menggunakan platina dan CDI. Maka jika terkena medan magnet, pengapiannya akan terpengaruh sehingga mesin mobil menjadi mati.

Bagaimanakah caranya agar terhindar dari bahaya maut saat melintasi rel kereta api? Berikut ini tips-nya:
  1. Jika kendaraan tiba- tiba mogok diatas rel kereta api, dorong kendaraan anda dari rel setelah itu, baru anda mencoba menghidupkan kembali mesin mobil.
  2. Hentikan kendaraan anda bila ada tanda kereta api akan lewat.
  3. Lihat ke kiri dan ke kanan sebelum melintasi rel kereta api.
  4. Jangan berebutan dengan kendaraan lain saat melintasi rel kereta api.
  5. Tambahlah putaran mesin setiap kali melintasi rel kereta api.

No comments:

Post a Comment