Wednesday, September 26, 2012

Investasi Lukisan Contemporary Art

Investasi Lukisan Contemporary Art – Siapa sangka jika ternyata lukisan kontemporer yang anda pajang di ruang tamu bernilai ratusan juta rupiah? Padahal anda membeli lukisan tersebut di Indonesian Contemporary Art Gallery dari seniman muda yang namanya belum populer dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Contemporary Art
Saat ini, lukisan dengan harga selangit tidak harus merupakan hasil karya dari maestro lukisan klasik ternama seperti Raden Saleh, Affandi, ataupun Basuki Abdullah, karena ternyata karya lukis dari seniman kontemporer pun bisa terjual jauh melebihi estimasi. Contohnya adalah karya dari seniman I Nyoman Masriadi yang berjudul “ sudah biasa ditelanjangi” pada tahun 2007 terjual Rp. 5 milliar, contoh lainnya adalah lukisan milik Putu Sutawijaya yang berjudul “looking for wings” yang awalnya diestimasi Rp. 40 juta ternyata terjual di harga Rp. 600 juta.

Pada saat ini pasar seni memang tengah bergairah, baik itu di tingkat nasional maupun internasional, pada tahun 2010 – 2011 salah satu lukisan milik affandi yang berjudul” ayam jago” bisa laku terjual di harga 4 miliar, dan ditingkat internasional lukisan milik Edward munch yang berjudul “ The scream” bisa laku terjual di harga Rp. 1.1 triliun yang sekaligus mengukuhkan sebagai lukisan termahal didunia.

Trend diatas menunjukkan bahwa investasi lukisan contemporary art layak untuk diperhitungkan, berinvestasi tidak harus melulu dengan saham, obligasi atau reksadana namun bisa juga melalui karya seni , selain bisa dinikmati keindahannya keuntungan pun menanti anda saat nama sang seniman semakin populer.

No comments:

Post a Comment